BIODIVERSITAS


KEANEKARAGAMAN JENIS Nepenthes (KANTONG SEMAR)

DATARAN RENDAH DI KALIMANTAN TENGAH

Nepenthes spp. Yang umunya dikenal sebagai kantong semar, digolongkan kedalam tumbuhan karnivora, umunya hidup dihutan tropik basah yang memiliki kelembaban udara diatas 70%.Kalimantan sebagai pusat penyebaran Nepenthes di Indonesia, memiliki 31 jenis dan  di antaranya 24 jenis endemik.Jenis-jenis Nepenthes dibagi kedalam 3 golongan ,yakni jenis dataran rendah ( 0-500 m dpl),jenis dataran menengah ( 500-1000m dpl )dan jenis dataran tinggi (>1000m dpl).Penelitian Nepenthes di Kalimantan khususnya di Kalimantan Tengah belum banyak diteliti.

Di temukan 16 jenis Nepenthes yang terdiri dari 8 jenis murni, 1 jenis tidak teridentifikasi dan 7 jenis silangan alam (natural hybrid).

Jenis-jenis Spesies Murni

1.Nepenthes gracilis

Terdapat pada hutan gambut dan hutan kerangas.Ada 4 variasi warna kantong, yakni kantong yang berwarna hijau,coklat,merah dan hitam.Ciri-ciri utama dari jenis ini adalah daun melengset tidak bertangkai,batang kecil berdiameter kurang dari 5 mm,bentuk batang segitiga,kantong bentuk silinder.

2.Nepenthes mirabilis

Ada 2 variasi warna kantong,yakni hijau dan merah.Ciri utama dari jenis ini adalah daun melonjonhg hingga melanset, bertangkai, tipis dan mudah sobek,pinggiran daun bergerigi,batang silinder,berdiameter kurang dari 10 mm dan kantong berbentuk pinggang.

3.Nepenthes rafflesiana

Ada 4 variasi warna kantong  yakni merah, hijau, putih , coklat lurik. Ciri dari jenis ini adalah daun melanset, tebal, bertangkai, batang silinder,berdiameter kurang dari 10 mm, panjang dapat mencapai 15 m, kantong bawah berbentuk oval sedangkan kantong bawah berbentuk terompet.

4.Nepenthes reinwardtiana

Ada 2 variasi warna kantong,yakni warna hijau dan merah.Ciri-ciri jenis ini adalah daun melanset,tebal,tidak bertangkai, batang silinder ada juga bentuk segitiga,diameter batang kurang dari 6 mm, panjang batang mencapai 10 m.

5.Nepenthes ampullaria

Ada 3 variasi warna kantong, yakni warna hijau,polos,lurik coklat berbibir hijau dan lurik coklat berbibir merah.Ciri-cirinya, yakni daun berbentuk sundip, hingga melanset,tebal, berbulu tipis ,batang silinder,diameter kurang dari 8 mm,panjang dapat mencapai 15 mm.

6.Nepenthes hirsuta

Ada 3 variasi warna kantong, yakni warna lurik merah, merah polos dan putih.Ciri utama jenis ini adalah daun melenset hingga oval, agak tebal, berbulu halus, batang berbentuk silinder,kantong bentuk pinggang.

7.Nepenthes stenophylla

Ciri dari jenis ini adalah daun tebal bertangkai, bentuk melonjong, pinggiran daun berbentuk coklat, batang silinder berbulu kasar,diameter kurang dari 10 mm.

8.Nepenthes albomarginata

Ciri jenis ini adalah daun panjang, batang silinder dengan diameter kurang dari 5 mm,kantong silinder berwarna hijau.

9.Nepenthes sp.

Satu spesimen tidak teridentifikasi.Ciri jenis ini adalah daun melanset,tida bertangkai, daun duduk, tebal,batang silinder, panjang kurang dari 2 m, diameter batang kurang dari 4 mm.

Silang Alami

Ada 7 hibrid alami, antara lain adalah N.trichocarpa (N.ampullaria x gracilis),N.hookeriana (N.ampullaria x rafflesiana),N. neglecta (N.gracillis x mirabilis).Sedangkan 4 jenis belum ada namanya yaitu N. rafflesiana x mirabilis, N. mirabilis x ampullaria,N.reinwardtiana x gracilis dan N.reinwardtiana x mirabilis.

Habitat

1.Hutan rawa gambut

Keanekaragaman tumbuhan didaerah rawa gambut umunya relatif rendah dibanding dengan tipe hutan lainnya didataran.Jenis pohon yang umum didaerah ini antara lain Palaquium leicocarpum dan Syzygium densinervium.

2.Hutan Kerangas

Tipe habitat hutan seperti ini dicirikan dengan lantai hutannya yang ditutupi pasir kwarsa bewarna putih dan berasal dari batuan ultrabasik.

Dari 16 jenis Nepenthes yang ditemukan ditiga lokasi,tercatat ada dua jenis merupakan catatan baru di Kalimantan Tengah,yaitu N.hirsuta dan N. Stenophylla.

By alsaprudin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s